8 makanan untuk rambut sehat

Terdapat masalah kerontokan rambut parah, dikhawatir apabila dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan. Jenis makanan apa yang harus dikonsumsi  untuk menjaga rambut sehat?

Banyak yang memiliki masalah dengan kerontokan rambut. Beberapa penyebab kerontokan rambut dan kulit kepala disebabkan oleh faktor genetika, stres, hormon yang tidak stabil, dan bahkan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Demikian pula, penggunaan produk rambut secara teratur seperti pewarna rambut, semprotan rambut dan zat untuk mengubah rambut dari keriting menjadi lurus dan sebaliknya, dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Padahal, kurang gizi akibat pola makan yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab masalah.

Nutrisi sesuai

Faktanya, rahasia untuk mendapatkan rambut yang kuat dan sehat serta mengatasi masalah kerontokan rambut tidak hanya bergantung pada penggunaan shampo atau produk rambut bermerek yang populer dan mahal tetapi juga pada diet yang tepat. Diet yang tepat tidak hanya baik untuk rambut sehat, tetapi juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang ia sarankan untuk diambil untuk memastikan rambutnya terpelihara dengan baik;

1. Salmon

Salmon, sarden, dan ikan tiup mengandung lemak omega-3 yang tinggi. Tubuh kita jarang menghasilkan lemak sehat. Karena itu, perlu mendapatkannya dari makanan atau suplemen. Lemak ini membantu melindungi individu dari penyakit dan menjaga kesehatan kulit kepala untuk rambut yang berkilau dan kuat.

2. Yogurt

Yogurt mengandung protein dan nutrisi tingkat tinggi yang membantu aliran darah ke kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Vitamin B5 (Asam Pantotenat) membantu melawan efek rambut rontok dan penipisan rambut.

3. Bayam

Sayuran hijau mengandung nutrisi seperti vitamin A, zat besi dan folat, beta karoten, dan vitamin C yang menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Ini membantu dalam menangani rambut rapuh dan rapuh.

Baca Juga:   Kafein mencegah kebotakan

4. Jambu biji

Buah tropis ini kaya akan vitamin C dan melindungi rambut dari kerusakan. Secangkir jambu biji mengandung 377 miligram (mg) Vitamin C dan empat kali jumlah yang dibutuhkan dalam satu hari!

5. Biji-bijian yang diperkaya zat besi

Kekurangan zat besi menyebabkan rambut rontok. Individu dapat menemukan nutrisi ini dalam sereal, pasta, kacang kedelai dan kacang merah. Kerang, sayuran hijau, daging sapi dan hati karena mengandung zat besi dalam jumlah tinggi.

6. Daging bebas lemak

Ketika seseorang kekurangan protein, pertumbuhan rambut akan ‘berhenti’. Ketika pertumbuhan berhenti dan rambut panjang rontok, mereka akan mengalami kerontokan rambut. Pilih daging tanpa lemak atau rendah lemak seperti ayam, daging kalkun dan daging sapi.

7. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung antioksidan beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Ini membantu mengatasi rambut kering dan mempromosikan kulit kepala untuk menghasilkan sebum. Beta karoten juga ditemukan dalam sayuran jeruk seperti wortel, labu, dan mangga.

8. Kayu Manis

Taburkan bumbu dalam oatmeal, roti, dan kopi. Ini membantu dalam aliran darah dan pengiriman oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

Informasi rambut rontok:

  • Biasanya, rambut akan kehilangan sekitar 50 hingga 100 helai sehari.
  • Rambut rontok memengaruhi semua kelompok, termasuk wanita dan pria, dan bahkan remaja.
  • Untuk orang dewasa di atas 30 tahun, kerontokan rambut yang tidak terkontrol dapat menyebabkan penipisan rambut dan menyebabkan kebotakan.

Related Posts

About The Author

Add Comment