Kafein mencegah kebotakan

Apakah Anda pernah melihat tanda-tanda keguguran dan rambut rontok yang tidak sehat? Setiap orang memiliki pandangan sendiri tentang definisi botak. Jelas, masalah kerontokan rambut seperti androgenetic alopathy dapat menyebabkan kebotakan mempengaruhi penampilan seseorang. Meskipun rambut botak lebih dikenal pada pria yang lebih tua, itu juga dapat terjadi pada pria di usia awal 20-an, termasuk wanita.

Pada kenyataannya, rambut rontok yang normal terjadi antara 50 dan 100 helai setiap hari, tetapi jika masalah ini tidak ditangani dengan serius, itu dapat menyebabkan kondisi serius yang menyebabkan rambut menjadi tipis dan botak. Sakit kepala tandus yang dimulai dengan kerontokan rambut dipengaruhi oleh stres psikologis kronis, stres emosional yang berkepanjangan, cedera kulit kepala, faktor genetik, infeksi virus atau bakteri, kehamilan, perubahan hormon, dan alergi, terutama bahan kimia.

Namun, sekarang masalahnya bisa dicegah jika perawatan dini diberikan untuk perawatan rambut menggunakan kafein alami. Studi terbaru dari German Institute of Dermatology Lubeck University menemukan bahwa kandungan yang kaya kafein merangsang pertumbuhan rambut.

Memperkuat akar rambut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jerman Dr Adolf Klenk, dari perusahaan kosmetik Jerman, Dr Wolff Group, ia menemukan bahwa kafein juga mengandung vitamin niacin atau B Complex untuk memperkuat akar rambut, mencegah kebotakan, terutama di kalangan pria. Lebih lanjut menguraikan manfaat kafein, Dr Klenk mengatakan kandungan kompleks kafein terdiri dari seng yang dikenal sebagai elemen penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

“Banyak faktor yang dapat meningkatkan produksi dihidrotestosteron dalam tubuh seperti stres, hormone, genetika, dan rangsangan tertentu yang menyebabkan kerontokan rambut kronis.

” Dihidrotestosteron atau DHT merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh hormon testosteron yang terdapat pada pria dan dapat ditemukan di beberapa bagian tubuh terutama di bagian di hati dan kulit (termasuk rambut).

Baca Juga:   8 makanan untuk rambut sehat

“Jadi penggunaan kafein yang kaya nutrisi dan kandungan energi bahan kimia aktif dapat merangsang pertumbuhan rambut,” katanya saat memberikan pengarahan di jaringan perawatan rambut Alpecene di Hilton Hotel di sini baru-baru ini.

Merangsang pertumbuhan folikel

Dr Klenk mengatakan manfaat kafein juga muncul sebagai penelitian terbaru yang dilakukan tahun ini dan sudah dibahas dalam The International Journal of Dematology. Dia mengatakan bahwa kandungan kafein juga membantu merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit terutama untuk pria yang mulai mengalami kebotakan.

“Reaksi kafein dapat memblokir bahan kimia terhadap kerusakan folikel rambut sebagai akibat terlalu banyak paparan DHT, sehingga kafein sebagai bahan alami yang efektif untuk merangsang produksi rambut baru pada kulit kepala manusia.

Tumbuhkan rambut baru

Dia mengatakan kafein adalah zat alami yang sudah dikenal sejak lama. Namun, sedikit yang diketahui tentang efeknya pada pertumbuhan folikel rambut manusia.

“Interaksi antara sumber kedua enzim siklik adenosin monofosfat sangat penting untuk pertumbuhan sel seperti rambut, sehingga memberikan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut baru.

“Pada studi tersebut menemukan bahwa rambut akan tumbuh lebih cepat dan lebih lama ketika direndam pada tabung reaksi yang mengandung kafein, sehingga diperoleh bahwa kafein lebih aktif dalam memerangi efek testosteron yang menyebabkan kerontokan rambut pada pria”.

Minuman berbasis kopi

Namun, kata ilmuwan itu, minuman berbasis kopi seperti yang dilakukan oleh para penggemarnya tidak memberikan efek yang sama dengan praktik kafein berkeringat di kulit kepala.

“Minum minuman berbasis kopi tidak memiliki efek yang sama dengan menggunakan produk berbasis kafein. “Untuk mendapatkan kafein yang diuji, Anda perlu minum 40 hingga 50 cangkir kopi untuk mendapatkan dosis terapi kafein untuk mengembalikan stimulus yang sama. “Kafein yang dikonsumsi juga cepat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh. Bahkan, konsumsi yang berlebihan juga akan menyebabkan peningkatan toksisitas dalam tubuh,” katanya.

Baca Juga:   Gunakan pengering dengan bijak untuk mencegah rambut rusak

Bukan masalah kritis

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari bahan-bahan ini adalah melalui penggunaan sampo, kondisioner dan serum berbasis kafein di kulit kepala. Dr Klenk mengatakan penggunaan sampo berbasis kafein untuk mencuci rambut juga merupakan solusi terbaru untuk mengatasi kebotakan pada tahap awal.

“Tetapi metode ini tidak dapat diterapkan untuk kebotakan yang sudah kritis, karena pori-pori folikel rambut sudah metutup. Metode ini hanya cocok sebagai pencegahan untuk kebotakan.

“Apabila  kebotakan sudah berlangsung lama, hal tersebut berarti bahwa akar rambut sudah mati dan sulit untuk tumbuh, sehingga merangsang pertumbuhan rambut menggunakan berbagai produk berbasis kafein”.

Gaya hidup sehat

Ketika ditanya tentang bagaimana mencegah kebotakan, katanya, diet sehat tanpa mengonsumsi protein dapat mengurangi penyebab rambut rontok dan rambut rontok. Selain itu, praktik gaya hidup sehat juga berkontribusi signifikan untuk mengurangi efek kebotakan pada pria muda saat ini.

Related Posts

About The Author

Add Comment